Rabu, 19 Oktober 2022

 KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PRAMUKA

Materi Pramuka

Komunikasi adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.1Komunikasi dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan, misalnya di sekolah, dibutuhkan adanya komunikasi antara guru dengan siswa, begitu juga dalam sebuah permainan yang terjadi antara pelatih dan pemain, peserta didik dengan couchatau tentor, orang tua dan anak, suami dengan istri, para peserta pramuka bersama kakak pembinanya dan sebagainya.

1. DEFENISI KOMUNIKASI

Kata atau istilah komunikasi berasal dari bahasa Inggris yaitu “communication”. Sedangkan secara etimologis mengandung arti kata communis yang bermakna “berbagi” atau “menjadi milik bersama” yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. Menurut Deddy Mulyana, menjelaskan beberapa definisi komunikasi yaitu sebagai berikut:

  • Komunikasi sebagai tindakan satu arah.
  • Komunikasi sebagai interaksi
  • Komunikasi sebagai transaksi
2. KOMPONEN KOMUNIKASI

Menurut Onong Uchana Effendy, mengatakan bahwa selain memiliki definisi, komunikasi juga memiliki komponen-komponen yang terdapat pada komunikasi yaitu sebagai berikut:
  • Komunikator (Pembawa Berita)
  • Message (Pesan atau berita) 
  • Channel (media atau sarana)
  • Komunikan (penerima berita)
  • Tanggapan Balik

3. BENTUK KOMUNIKASI
Bentuk komunikasi dapat diklarifikasikan menurut jumlah pihak yang terlibatkan dalam proses komunikasi, meliputi:
  • Komunikasi intrapersonal (intrapersonal communication), ialah proses komunikasi yang terjadi dalam diri sendiri. Misalnya proses berpikir untuk memecahkan masalah pribadi. Dalam hal ini ada proses tanya jawab dalam diri sehingga dapat diperoleh keputusan tertentu.
  • Komunikasi antarpersonal (interpersonal communication), yakni komunikasi antara seseorang dengan orang lain, bisa berlangsung secara tatap muka maupun dengan bantuan media. 
  • Komunikasi kelompok (group communication) yaitu proses komunikasi yang berlangsung dalam suatu kelompok. Contoh: diskusi kelompok, seminar, sidang kelompok dan sebagainya. 
  • Komunikasi massa (mass communication) yaitu komunikasi yang melibatkan banyak orang. Ada sebagian ahli mengatakan bahwa komunikasi massa komunikasi melalui media massa, tetapi sebagian ahli lain berpendapat bahwa komunikasi massa tidak harus menggunakan media massa. Contohnya kampanye politik yang disampaikan secara langsung dihadapan massa yang berkumpul di lapangan, adalah komunikasi massa.

4. TUJUAN DAN MANFAAT KOMUNIKASI
Dalam kehidupan kita sehari-hari, apabila sebagai pejabat atau pemimpin maka kita sering berhubungan dengan masyarakat. Dalam hal ini kita bertujuan untuk menyampaikan informasi dan mencari informasi kepada mereka, agar apa yang ingin kita sampaikan atau kita minta dapat dimengerti, sehingga komunikasi yang kita laksanakan dapat tercapai. 
Pada umumnya komunikasi mempunyai beberapa tujuan, antara lain:
  • Supaya yang kita sampaikan dapat dimengerti, sebagai komunikator kita harus menjelaskan kepada komunikan (penerima) dengan sebaik-baiknya dan tuntas sehingga mereka dapat mengerti dan mengikuti apa yang kita maksudkan.
  • Memahami orang lain. Kita sebagai komunikator harus mengerti benar aspirasi masyarakat tentang apa yang diinginkan, jangan mereka menginginkan kemauannya.
  • Supaya gagasan dapat diterima orang lain. Kita harus berusaha agar gagasan kita dapat diterima orang lain dengan pendekatan yang persuasif bukan memaksakan kehendak.
  • Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu. Menggerakkan sesuatu itu dapat bermacam-macam, mungkin berupa kegiatan. Kegiatan yangdimaksudkan di sini adalah kegiatan yang lebih banyak mendorong, namun yang penting harus diingat adalah bagaimana cara yang baik untuk melakukannya. 
Organisasi berasal dari kata organizare yang berarti membentuk sebagai atau menjadi keseluruhan dari bagian yang saling bergantung atau terkoordinasi. Organisasi merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang mempunyai perbedaaan, baik karakteristik maupun tujuan dalam menjalin hubungan kerjasama, dengan mempersatukan visi dan misi dari visi dan visi yang berbeda untuk sebuah tujuan yang telah ditentukan bersama. Organisasi juga merupakan sistem yang terstruktur yang mengkoordinasikan usaha suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.

Tujuan organisasi ialah keadaan yang dikehendaki pada masa akan datang yang senantiasa dikejar oleh organisasi agar dapat direalisasikan. Organisasi itu sendiri dapat atau bahkan juga tidak mampu mewujudkan citra masa depan yang dicita-citakan sejak semula. Banyak tujuan pengembangan organisasi yang dapat dilakukan di antaranya yaitu:
  • Menciptakan keharmonisan hubungan kerja antara pimpinan dengan staf anggota organisasi. 
  • Menciptakan kemampuan memecahkan persoalan organisasi secara lebih terbuka. 
  • Menciptakan keterbukaan dalam berkomunikasi. 
  • Merupakan semangat kerja para anggota organisasi dan kemampuan mengendalikan diri.
Manusia adalah makhluk sosial. Artinya, manusia itu cenderung berkelompok. Tujuan manusia berkelompok antara lain: ingin mendapatkan rasa aman, ingin memperoleh status, ingin mendapatkan keberartian hidup dan memenuhi kebutuhan persahabatan dan hubungan sosial. Maka dapat di kelompokkan manfaat organisasi bedasarkan, alasan mengapa manusia berkelompok dan berorganisasi.

5. ORGANISASI PRAMUKA
Organisasi pramuka bertujuan untuk mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar dan metode kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia agar anggotanya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, budi pekerti serta kuat keyakinan dalam agamanya, anggota menjadi manusia yang memiliki kecerdasan yang tinggi serta punya keterampilan yang bagus. Selain itu, anggotanya menjadi manusia yang selalu kuat akan fisiknya, menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa besar, serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna dan sanggup serta mampu berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan negara.

6. KOMUNIKASI ORGANISASI
komunikasi organisasi adalah komunikasi antarmanusia (human communication) yang terjadi dalam kontek organisasi, atau suatu jaringan yang sifatnya saling bergabung satu sama lain (the flow of messages within a network of interdependent relationsips). Komunikasi organisasi terjadi di dalam suatu organisasi dengan menyatukan visi dan misi demi tujuan bersama. Di sini diperlukan adanya komunikasi bersama untuk bisa membandingkan setiap visi dan misi dengan perbedaan untuk disatukan dalam satu visi dan misi sebagai refleksi dalam menwujudkan tujuan bersama. Komunikasi organisasi terjadi kapan pun, setidaktidaknya satu orang yang menduduki suatu jabatan dalam suatu organisasi menafsirkan suatu pertunjukkan. Karena fokusnya adalah komunikasi di antara anggota-anggota suatu organisasi. Analisis komunikasi organisasi menyangkut penelaahan atas banyak transaksi yang terjadi secara simultan. Berikut proses komunikasi organisasi yaitu:
  • Komunikasi Internal, yaitu pertukaran gagasan diantara para administrator dan karyawan dalam suatu perusahaan dalam sruktur lengkap yang khas disertai pertukaran gagasan secara horizontal dan vertikal di dalam perusahaan, sehingga pekerjaan berjalan. Ada dua dimensi yang diperhatikan dalam komunikasi internal yaitu sebagai berikut: 1) Komunikasi vertikal, yaitu komunikasi dari pimpinan ke staf dan dari staf ke pimpinan dengan cara timbal balik 2) Komunikasi horizontal yaitu komunikasi mendatar antara anggota staf dengan anggota staf yang berlangsung secara langsung.
  • Komunikasi eksternal, yaitu komunikasi antara pimpinan organisasi dengan khalayak diluar organisasi. Komunikasi dari organisasi kepada khalayak yang bersifat informatif atau bisa juga komunikasi dari khlayak kepada organisasi.

7. FUNGSI KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
    
    Dalam suatu organisasi baik yang berorientasi komersial maupun sosial, komunikasi dalam organisasi atau lembaga tersebut akan melibatkan empat fungsi yaitu:
  • Fungsi informatif Organisasi dipandang sebagai suatusistem pemrosesan infromasi. Dimana seluruh anggota dalam organisasi berharap dapat memperoleh informasi yang banyak, lebih baik dan tepat waktu. Informasi yang didapat memungkinkan setiap anggota organisasi melaksanakan pekerjaan secara lebih pasti.
  • Fungsi Regulatif Fungsi regulatif ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi.
  • Fungsi Persuasif Dalam mengatur organisasi, kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Dengan adanya kenyataan ini, maka banyak pimpinan yang kebih suka untuk mempersuasi bawahannya daripada memberi perintah.
  • Fungsi Integratif Setiap organisasi berusaha menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat melaksanakan tugas dengan baik di dalamnya. Ada dua komunikasi formal yang sering digunakan seperti penerbitan khusus dalam organisasi dan laporan kemajuan organisasi, juga saluran komunikasi informal. Pelaksanaan aktivitas ini akan menumbuhkan keinginan untuk selalu berpartisipasi yang lebih besar dalam diri karyawan terhadap organisasi.
    Pelaksanaan kepramukaan bagi siswa-siswi dapat meningkatkan kedisplinan, tanggung jawab, serta pemantapan mental kuat bagi siswa siswi. Di dalam organisasi pramuka juga akan terlatih cara menyikapi suatu masalah dengan interaksi dan komunikasi yang baik yang mampu meredakan masalah yang ada. Hal ini disebabkan, komunikasi yang baik menjadi penyelamat bagi siapapun yang memiliki masalah dalam hidup. Pemecahan suatu masalah dapat terjadi dengan adanya komunikasi. Oleh karena itu, dalam suatu organisasi dibutuhkan adanya komunikasi yang disebut komunikasi organisasi pramuka yang dapat meningkatkan mutu belajar


Hakekat Berkomunikasi
  • Pergaulan akan dapat terjadi bilamana antara Pembina Pramuka dengan peserta didik selalu terjalin komunikasi yang baik.
  • Untuk dapat berkomunikasi dengan baik hendaknya harus tercipta suasana :
    • Egaliter atau kesetaraan
    • Bersikap sopan dan santun
    • Saling belajar menepati janji (Bagi Pembina – Bawalaksana), sehingga saling mempercayai.
    • tahu berterima kasih
    • menghargai waktu
    • tutur kata jelas baik suara maupun makna (tidak ambigus atau mendua arti)
    • ramah, saling bersahabat – sehingga orang tida merasa ada tekanan ketika kan mengemukakan pendapat.
    • tidak merasa paling tahu, paling bisa, paling hebat
    • memberi kesempatan dan melatih pserta didik agar semuanya tidak malu mengemukakan pendapatnya.
    • menegur atau memberi kritik dengan bijaksana (sistem PIN – kemukakan positifnya dulu – interpretasikanmasalah sebenarnya sehingga tanpa disadari yang dikritik tau kesalahannya. Apabila sampai di sini belum juga mengerti baru dikemukakan kesalahannya atau negatifnya).
    • Berusaha sekuat/sedapat mungkin tidak memotong pembicaraan orang lain.
    • Bagi seorang yang dominator – serang dengan pembicaraan atau permasalahan yang diperkirakan ia tidak bisa menjawabnya, sehingga tidak merasa paling tahu.

Tidak ada komentar:

  CELOTEH PARA GURU SMK NEGERI 2 RUPAT Senin, 19 Februari 2024                     "Guru yang baik adalah mereka yang tidak pernah berh...