Kata siapa sebuah cerita sulit dijadikan media ajar untuk Siswa SMA/SMK...??
Senin, 2 Oktober 2022. Bersama anak-anak kelas XI TKJ SMKN 1 Rupat Pengembangan melakukan aktivitas pembelajaran dengan materi Analisis Kebutuhan Telekomunikasi Jaringan dengan metode ajar teknik bercerita dan Post it.
Pesan bermakna kadang bisa kita hadirkan melalui cerita yang dikemas dengan berbagai teknik dan media yang menarik. Cerita interaktif juga dapat memantik diskusi terbimbing antara guru dan siswa ataupun siswa dengan siswa ketika menjelaskan proses pembelajaran berlangsung.
Nah, pada kesempatan ini saya mencoba mengajak anak-anak untuk mendengarkan cerita seorang petugas PLN yang datang untuk menganalisa sebuah rumah yang ingin memakai jaringan internet di rumahnya. Melalui cerita ini siswa juga diajak berimajinasi seakan-akan mereka adalah petugas tersebut.
Mungkin setelah ini, boleh nih dilakukan kegiatan proyek membuat video percakapan antara pengguna dan penyedia layanan jaringan telekomunikasi. Hahaha
mungkin boleh dicoba ya..
Disamping itu, untuk mengkonfirmasi pengetahuan dan pemahaman siswa akan cerita yang disampaikan. Saya mencoba melakukan asesmen formatif dg metode post it menggunakan kartu tempelan yang dimainkan berkelompok. Waah seru tentunya, para siswa bekerjasama membantu teman kelompoknya mencocokkan clu clu pada setiap post it yang akan ditempel
Semangat terus belajar
Salam literasi
Salam pendidik ujung negeri
check postingan lain di FB Darma Yeliza Putra : https://web.facebook.com/darmayeliza.putra
Tidak ada komentar:
Posting Komentar